5 Tips Tetap Sehat dan Produktif Selama Puasa di Tengah Pandemi Covid-19

OLEH : NURYENNI PUTRI,
MAHASISWA KESEHATAN MASYARAKAT
FAKULTAS KEDOKTERAN DAN ILMU KESEHATAN
UIN ALAUDDIN MAKKASSAR

inforakyatindonesia.com – Ramadhan tahun ini rasanya berbeda dari tahun – tahun sebelumnya. Pasalnya umat muslim di seluruh dunia, termasuk Indonesia harus tetap menjalankan ibadah puasa meski di tengah pandemi Covid-19. Sejak diberlakukannya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) oleh pemerintah, segala bentuk kegiatan yang dilakukan saat bulan Ramadhan seperti, tarawih di masjid, sahur on the road dan buka puasa bersama ditiadakan. Peniadaan kegiatan ini tentu saja menimbulkan kekecewaan tersendiri bagi umat muslim, mengingat hal tersebut sudah menjadi tradisi di bulan Ramadhan. Meskipun Ramadhan kali ini hanya bisa dilakukan di rumah saja, teman – teman bisa menerapkan beberapa tips atau strategi berikut untuk tetap sehat dan produktif selama menjalankan ibadah puasa.

Menerapkan Gizi Seimbang Saat Sahur dan Berbuka
Ditengah pandemi Covid-19 pemerintah selalu mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga imunitas tubuh. Nah, bagaimana menjaga daya tahan tubuh saat sedang berpuasa?. Menurut pakar gizi salah satu cara menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi saat sahur dan berbuka.

Penerapan gizi seimbang saat sahur dan berbuka merupakan kunci tubuh tetap sehat selama menjalani bulan Ramadhan. Jadi sahabat di rumah bisa melengkapi menu sahur dan berbuka dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti, buah, kentang, beras merah, dan kacang – kacangan. Karbohidrat kompleks ini dipercaya dapat memberikan energi bagi tubuh untuk jangka waktu yang lebih lama. Eitss, jangan lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Membuat TO-DO List
Masih bingung harus ngapain saat puasa di rumah saja ? Tenang, sahabat di rumah bisa menerapkan tips ke-2 ini yaitu membuat To-Do List. Sesuai artinya, To-do List merupakan daftar kegiatan atau tugas–tugas yang akan dilakukan dalam rentang waktu harian, mingguan, ataupun bulanan. To-Do List ini bertujuan agar kegiatan yang direncanakan tidak bertabrakan dengan kegiatan yang lain. Misalnya, olahraga 15 menit, bersih –bersih rumah, mengerjakan tugas, tilawah quran, dll. Setelah membuat list, pilihlah kegiatan yang akan menjadi prioritas untuk membantu dalam mebedakan mana yang harus dikerjakan lebih dulu dan mana yang tidak. Jadi sahabat di rumah bisa memanfaatkan waktu secara optimal.
Tetap Aktif dan Berolah raga
Meski sedang berpuasa, hal tersebut tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk tidak berolah raga. Lakukanlah aktivitas fisik 3 kali seminggu dengan durasi 15 hingga 30 menit.

Sahabat di rumah tidak perlu memaksakan diri untuk untuk melakukan olah raga berat yang bisa menguras banyak energi. Sebaiknya pilihlah olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah, mengingat sekarang sedang dalam pandemi Corona seperti, plank, squats, lari dll. Tetapi jika ingin melakukan olahraga bersama keluarga atau teman di luar rumah, pastikan untuk menggunakan masker dan hindari kerumunan dengan menerapkan physical distancing (menjaga jarak fisik) demi mencegah penularan virus Corona.

Memaksimalkan Ibadah
Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu yang paling ditunggu karena merupakan bulan kemenangan bagi umat islam. Dimana pada bulan ini segala pahala akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, selama mematuhi anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja bisa kita isi dengan berbagai hal positif untuk memaksimalkan ibadah. Misalnya, tilawah atau membaca ayat suci alquran bersama keluarga. Selain mendapat pahala juga dapat mempererat hubungan kekeluargaan. Kemudian sahabat di rumah juga bisa bersedekah untuk membantu menghentikan penyebaran virus Corona dengan cara berdonasi atau menyalurkan bantuan berupa APD (Alat Pelindung Diri), masker, antiseptic, desinfektan, dll. Dan masih banyak lagi cara untuk memaksimalkan ibadah, semuanya tergantung niat dan kesungguhan dari sahabat di rumah.

Mencoba Hobi Baru
Setelah penerapan lockdown segala bentuk aktivitas seperti bekerja dan kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah secara daring atau online. Masyarakatpun dianjurkan untuk tidak bepergian, termasuk liburan. Lantas bagaimana cara mengatasi stress akibat kerja?, caranya adalah menemukan hobi baru. Meski tidak mengunjungi tempat wisata, mencoba hobi baru ini bisa menjadi salah satu sarana untuk istirahat sejenak dari urusan kantor atau tugas kuliah yang melelahkan. Sahabat di rumah bisa mencoba perawatan kulit, bermain alat musik, memasak, membaca buku atau menulis seperti yang sedang saya lakukan saat ini. Selain dapat menghilangkan stress kegiatan ini juga dapat melatih kreativitas selama di rumah saja. Itulah tips untuk tetap sehat dan produktif meskipun menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *