Bupati Lumajang Tandur Bersama Pecinta Alam

Lumajang, inforakyatindonesia.com – Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, sampaikan rencana pemerintah dalam upaya revitalisasi Ranupani saat mengikuti kegiatan sarasehan bersama komunitas pencinta alam dan pegiat seni, bertempat di Balai Desa Ranupani, Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang, Sabtu malam (8/2/2020).

Kegiatan sarasehan tersebut merupakan serangkaian dari kegiatan Tandur Bareng di kawasan Ranupani dan sekitarnya, Minggu (9/2/2020), yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Lumajang khususnya Dinas Lingkungan Hidup.

Saat sarasehan berlangsung, Bupati banyak mendapat informasi dari para pencinta alam terkait permasalahan di Ranupani yang mengalami sedimentasi, penyusutan dan pohon yang berkurang.

Menanggapi hal itu, Bupati berkeinginan agar sektor pemerintahan harus terus berusaha dalam membenahi kawasan Ranupani, masyarakat juga harus mempunyai rasa memiliki, sehingga kelestarian ekosistem di kawasan Ranupani dapat terjaga dengan baik.

“Saya ingin Ranupani menjadi bagian yang dapat menyejahterakan masyarakat sekitarnya. Untuk itu, Ayo kita bersama-sama menyelesaikan permasalahan yang ada di kawasan Ranupani,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga menyerahkan Peraturan Desa Nomer Satu tahun 2020, tentang kebersihan desa dan pengolahan sampah berkelanjutan.

Sementara itu, Kepala Desa Ranupani, Untung Raharjo, berharap kegiatan tandur bareng yang akan dilaksanakan pada hari Minggu (9/2/2020), dapat menjadi motivasi buat masyarakat Desa Ranupani untuk kembali menghijaukan Ranupani bahkan bisa lebih hijau dari sebelumnya.

“Dengan upaya Pemerintah Kabupaten Lumajang dan seluruh pencinta alam yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tandur bareng dapat dijadikan penyemangat buat masyarakat Ranupani. Harapannya kedepan kami masyarakat Desa Ranupani diberi bimbingan akan pentingnya kebersihan dan pelestarian lingkungan,” ujarnya.

Usai melaksanakan sarasehan, Bupati bersama rombongan membaur dan bermalam di tenda yang berada disekitaran Ranupani, hal itu merupakan salah satu bukti bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan para pencinta alam dan pegiat seni dari berbagai daerah yang nantinya akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan Tandur Bareng. (SL )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *