Kab. Klaten, Enam Orang Sembuh dan Enam Orang Terkonfirmasi Positif Covid-19

Klaten, inforakyatindonesia.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Klaten kembali mengumumkan data terbaru mengenai penyebaran Covid-19 di Kab. Klaten, Sabtu (01/08). Ketua Gusgas PP Covid-19 Kab.Klaten sekaligus Bupati Klaten, Sri Mulyani menyampaikan bahwa hari ini terdapat enam orang pasien dinyatakan sembuh dan enam orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sehingga jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Klaten menjadi 143 orang. Sebanyak 53 orang menjalani perawatan di rumah sakit, 83 orang sembuh, dan 7 orang meninggal dunia.

“Hari ini terdapat enam pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, namun juga ada penambahan enam orang terkonfirmasi positif Covid-19. Enam pasien sembuh semuanya berasal dari Tulung. Sedangkan pasien terkonfirmasi positif baru masing-masing berasal dari Prambanan, Tulung, Juwiring, Jogonalan, Trucuk, dan Gantiwarno.” tutur Sri Mulyani.

Keenam pasien sembuh yang berasal dari Tulung tersebut sebelumnya telah menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten masing-masing berinisial WHA (laki-laki, 8 tahun), RL (perempuan, 39 tahun), PAA (laki-laki, 66 tahun), SS (perempuan, 61 tahun), W (perempuan, 54 tahun) dan SAS (laki-laki, 53 tahun). Keenam pasien tersebut sama-sama dinyatakan terkonfirmasi positif covid-19 sejak tanggal 15 Juli 2020. Berdasarkan evaluasi pengobatan dengan pemeriksaan spesimen dari keenam pasien tersebut menunjukkan negatif, maka pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang ke rumah. Meskipun sudah diperbolehkan pulang, namun harus tetap melakukan isolasi mandiri selama minimal 7 hari.

Penambahan pasien positif covid-19 baru berasal dari Prambanan berinisial THS (laki-laki, 22 tahun), pasien berasal dari Tulung berinisial S (laki-laki, 34 tahun) dan pasien berasal dari Juwiring berinisial J (laki-laki, 56 tahun). Diketahui ketiganya merupakan kontak erat dari kasus terkonfirmasi covid-19 sebelumnya sehingga dimungkinkan terpapar dari kasus konfirmasi covid-19 tersebut. Saat ini ketiga pasien tersebut sedang menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten.

Pasien positif baru lainnya yang berasal dari Jogonalan berinisial AS (laki-laki, 58 tahun), pasien bekerja sebagai wiraswasta yang beraktivitas sehari-hari di Klaten dan tidak mempunyai riwayat perjalanan ke luar daerah dalam 14 hari terakhir sebelum sakit. Dimungkinkan pasien tertapar ketika melakukan aktivitas pekerjaannya. Pasien telah menjalani perawatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sejak tanggal 27 Juli 2020.

Satu pasien berasal dari Trucuk berinisial DH (laki-laki, 47 tahun) diketahui memiliki riwayat tinggal di Kabupaten Purwakarta dan sudah mengalami sakit sebelum kembali ke Klaten. Saat ini pasien sedang menjalani perawatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Pasien positif lain berinisial T (perempuan, 62 tahun) berasal dari Gantiwarno bekerja sebagai pedagang yang beraktivitas sehari-hari di Klaten dan sebagian wilayah Kecamatan Gedangsari (Gunung Kidul). Sebelumnya pasien juga tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah dalam 14 hari terakhir. Pasien telah menjalani perawatan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten sejak tanggal 23 Juli 2020.

Menurut Kepala Desa Gentan, Sudiman Tepo, yang didampingi Kepala Desa Gesikan, Raka Sinusika, mengatakan bahwa dengan adanya kasus penambahan ini, masyarakat diharapkan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat. (Tuhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *