Kalisemut Akan Adakan Sedekah Desa dan Nglampet

Lumajang, inforakyatindonesia.com – Masyarakat Desa Kalisemut akan melaksanakan sedekah yang bernuansa adat istiadat dan budaya yaitu Selamatan desa dan nglampet sumber pada pekan depan.

Adat istiadat sedekah desa dan nglampet sumber kabarnya akan terus di agendakan sebagai rutinitas karena peninggalan sejak jaman nenek moyang terdahulu.

Agenda prosesi selamatan desa dan nglampet sumber jelasnya sangat di nanti masyarakat desa kalisemut.

Biasanya prosesi selamatan desa selalu identik dengan memanjatkan doa bersama. kabarnya akan di lakukan di area sumber.

Hal itu di sampaikan oleh kepala desa Kalisemut Lesus Ageng P.

Saat ditemui inforakyatindonesia .com “Selamatan desa dan nglampet sumber tersebut meminta agar masyarakat desa Kalisemut di beri keselamatan dari bencana Covid 19, yang terjadi saat ini,” terang lesus.

Menurutnya” rencana ke giatan ini akan di lakukan pada hari minggu dan hari senin esok tgl 13/14.Yang paling penting, saatnya kita untuk memohon dan perlu doa bersama dengan tulus dan ikhlas.

“Untuk acaranya sudah kita susun. minggu dari jam enam sd jam sebelas siang jalan santai, malamnya selepas isyak kita adakan istighosah. paginya langsung nglampet sumber di mulai jam delapan pagi sampai slesai.

” Insyaallah akan kita undang pak Bupati agar bisa hadir di acara nglampet sumber. Menurutnya “sumber tersebut selalu mengairi airnya ke sawah sawah di sekitaran sumber itu. Makanya kita lampet agar tanaman bisa bagus, Supaya airnya tidak sampai kurang tanaman aman terhindar dari serangan hama. Dan ini sudah tradisi, tidak boleh di hapus”. tuturnya.

Menurut dia” kalau pak bupati hadir mungkin langsung ke tempat ritual nglampet sumber”.

Sumber itu pernah mau di kontrak aqua tapi dak boleh sama warga sini. terangnya.

“Siang rencana akan kita teruskan dengan pelepasan merpati, di lanjutkan dengan jolen atau pawai dan kuda kencak.

Selamatan nglampet, baru sekarang ini dulu dulunya tidak ada tutur Lesus Ageng P.

” Malamnya di lanjutkan pagelaran wayang dalang muda dari dawuhan, pernah juara empat di tingkat Jatim dalang muda terbaik.

” Harapannya desa kali semut lebih maju masyarakat tenteram dan bermartabat. Pungkasnya (SL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *